Labels

Selasa, 01 April 2014

CONTOH LAPORAN HASIL PRAKTIKUM BIOLOGI

LAPORAN HASIL PRAKTIKUM BIOLOGI
STRUKTUR SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN

           


 





















Disusun oleh:

FAHMI FATURAHMAN FAUZI
MUH. YUSUF BASYIR
SYAMSIA
DEWI ANGGRAENI SANTOSO




XI IPA 2
SEKOLAH MENENGAH NEGERI 10 MAKASSAR
MAKASSAR
2013

DAFTAR ISI


DAFTAR ISI. 1
BAB I. 2
PENDAHULUAN.. 2
A.    Latar Belakang. 2
B. Rumusan Masalah. 2
C.  Tujuan Peraktikum.. 2
D. Manfaat Peraktikum.. 3
BAB II. 4
KAJIAN PUSTAKA.. 4
A.     PENGERTIAN OSMOSIS. 4
B.     PENGERTIAN DIFUSI. 4
BAB III. 5
METODE PRAKTIKUM... 5
A.     Waktu Dan Tempat 5
B.     Alat Dan Bahan. 5
C.     Prosedur Kerja. 5
BAB IV.. 7
HASIL DAN PEMBAHASAN.. 7
A.     Kegiatan A.. 7
B.     Kegiatan B.. 7
BAB V.. 8
PENUTUP. 8
A.     Kesimpulan. 8
DAFTAR PUSTAKA.. 9



 

 BAB I

              PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang


Membran sel atau membran plasma terletak di sebelah luar sitoplasma. Membran yang membatasi organel mempunyai struktur molekul yang sama dengan membran sel, yaitu terdiri atas molekul lemak dan protein. Membran sel tersusun dari ±50% lipid dan 50% protein. Lipid terutama merupakan fosfolipid yang tersusun 2 lapis, sedangkan protein tersebar di antara kedua lapis fosfolipid tersebut. Protein yang tersembul di antara dua lapis fosfolipid disebut protein ekstrinsik ( perifer ). Protein yang tenggelam di antara dua lapis fosfolipid disebut protein intrinsik ( integral ). Protein ekstrinsik bersifat hidrofilik (suka air), sedangkan protein intrinsik bersifat hidrofobik ( menolak air ).
Karena susunan membran sel yang demikian, maka membran sel bersifat semipermeabel atau selektif permeabel. Artinya membrab sel hanya dapat dilalui oleh air dan zat – zat tertentu yang terlarut di dalamnya. Membran sel berfungsi mengatur gerakan materi atau transportasi dari dan keluar sel. Transport melalui membran sel dapat dibedakan menjadi 2, yaitu transport pasif dan transport aktif. Transport pasif adalah transport yang tidak memerlukan energi. Transport aktif adalah transport yang memerlukan energi.
Dalam laporan ini saya akan melaporkan mengenai praktikum transport pasif yang terdiri dari difusi, osmosis dan plasmolisis yang termasuk di dalam osmosis.

B. Rumusan Masalah


Kegiatan A
1.      Bagaimana perbandingan berat balok kentang pada larutan gula 15% dengan larutan gula 50% ?
2.      Bagaimana peristiwa yang terjadi pada sel sel kentang tersebut ?
3.      Variabel apa saja yang ditentukan pada percobaan tersebut ?
Kegiatan B
1.      Bagaimana ske ma gerakan molekul yang terjadi dalam gelas kimia berdasarkan percobaan tersebut ?
2.      Peristiwa apa yang terjadi pada gelas kimia tersebut ?
3.      Bagaimana perbandingan peristiwa yang terjadi pada 2 kegiatan tersebut

C.  Tujuan Peraktikum


Dengan adanya praktikum mengenai “Mekanisme transpor pada membran plasma” dalam mata pelajaran biologi ini, kami mempunyai beberapa tujuan yang diantaranya adalah :
1.      Mampu menjelaskan prinsip dasar mekanisme transport pada membran plasma.
2.      Mampu menganalisis pengaruh konsentrasi gula terhadap sampel yang digunakan.
3.      Memenuhi laporan praktikum biologi.
4.   Memberikan pengalaman kepada kami sebagai bekal untuk di perguruan tinggi nanti.

D. Manfaat Peraktikum

     
Praktikum Biologi tentang  Mekanisme Transpor Pada Membran Plasma yang kami laksanakan memiliki banyak manfaat yang diantaranya :
1.      Kami dapat mengetahui mekanisme transpor pada membran plasma.
2.      Kami dapat mengetahui perbandingan perubahan antara berat kentang yang dimasukan pada larutan gula sebanyak 15%,50% dan pada air biasa.
3.       Kami dapat mengetahui peristiwa yang terjadi pada sel-sel kentang.
4.      Kami dapat mengetahui macam – macam variabel yang ditentukan pada praktikum ini.
5.      Setidaknya kami dapat sedikit pengalaman dari praktikum yang dilaksanakan sebagai bekal untuk menuju perguruan tinggi nanti.



















BAB II

KAJIAN PUSTAKA

A.    PENGERTIAN OSMOSIS

Osmosis adalah perpindahan air melalui membran selektif permeabel dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran. Osmosis merupakan suatu fenomena alami, tapi dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat menjadi melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer. Gaya per unit luas yang dibutuhkan untuk mencegah mengalirnya pelarut melalui membran permeabel selektif dan masuk ke larutan dengan konsentrasi yang lebih pekat sebanding dengan tekanan turgor. Tekanan osmotik merupakan sifat koligatif, yang berarti bahwa sifat ini bergantung pada konsentrasi zat terlarut, dan bukan pada sifat zat terlarut itu sendiri.

B.     PENGERTIAN DIFUSI


Difusi adalah peristiwa mengalirnya atau mengubahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan disebut gradien konsentrasi. Difusi akan terus terjadi hingga seluruh partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan dimana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi.
Ada beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan difusi, yaitu:
·         Ukuran partikel : Semakin kecil ukuran partikel, semakin cepat partikel itu akan bergerak, sehingga kecepatan difusi semakin tinggi.
·         Ketebalan membran : Semakin tebal membran, semakin lambat kecepatan difusi.
·         Luas suatu area: Semakin besar luas area, semakin cepat kecepatan difusinya.
·     Konsentrasi : semakin besar gradien ( perbedaan ) konsentrasi antara dua daerah ( larutan ) maka kecepatan rata – rata difusi semakin tinggi.
·         Suhu: Semakin tinggi suhu, partikel mendapatkan energi untuk bergerak dengan lebih cepat. Maka, semakin cepat pula kecepatan difusinya.

Dalam mengambil zat-zat nutrisi yang penting dan mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan, sel melakukan berbagai jenis aktivitas, dan salah satunya adalah difusi. Ada dua jenis difusi yang dilakukan, yaitu difusi biasa dan difusi khusus.
Difusi biasa terjadi ketika sel ingin mengambil nutrisi atau molekul yanghydrophobic atau tidak berpolar / berkutub. Molekul dapat langsung berdifusi ke dalam membran plasma yang terbuat dari phospholipids. Difusi seperti ini tidak memerlukan energi atau ATP [Adenosine Tri-Phosphate].
Difusi khusus terjadi ketika sel ingin mengambil nutrisi atau molekul yanghydrophilic atau berpolar dan ion. Difusi seperti ini memerlukan protein khusus yang memberikan jalur kepada partikel-partikel tersebut ataupun membantu dalam perpindahan partikel. Hal ini dilakukan karena partikel-partikel tersebut tidak dapat melewati membran plasma dengan mudah. Protein-protein yang turut campur dalam difusi khusus ini biasanya berfungsi untuk spesifik partikel.

BAB III

METODE PRAKTIKUM

A.    Waktu Dan Tempat

Praktikum biologi tentang transpor dasar pada membran plasma dilaksanakan pada hari jumat 6 September 2013 pada pukul 09:00-10:00 WITA. Bertampat di Laboraturium IPA SMAN 10 Makassar.

B.     Alat Dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan pada  praktikum ini adalah:

1.      Neraca
2.      Pisau
3.      Pelubang gabus
4.      3 Buah gelas Kimia
5.      Larutan gula 15% dan  50%
6.      Air
7.      Tinta
8.      Pipet
9.      3 Buah kentang segar
10.  Kalium permanganate (KmnO4) atau Trusi (CuSO4)


C.    Prosedur Kerja

a.      Kegiatan A
·         Buatlah larutan gula masing masing 15% dan 50%.
·         Buatlah balok dari ubi keentang dengan ukuran panjang  5 CM, lebar 2 CM, dan tinggi 2CM dengan menggunakan pisau sebanyak 9 buah.
·         Timbanglah masing- masing balok kentang tersebut. Lalu catat beratnya masing-masing kedalam tabel hasil pengamatan.
·         Flowchart: Process: Larutan gula 50%Flowchart: Process: Larutan gula 15%Flowchart: Process: AIRRangkailah percobaan seperti gambar di bawah ini !




·         Rendamlah balok kentang tersebut selama 15 menit
·         Setelah 15 menit, angkatlah. Simpanlah diatas kertas tisu kemudian timbang kembali masing – masing balok kentang tersebut dan catat hasil pengamatan kedalam tabel pengamatan.



b.      Kegiatan B
·         Ambilah 2 gelas kimia kemudian isi dengan air masing masing 100ml
·         Dengan menggunakan pipet, tetesilah tinta pada gelas kimia I secara perlahan
·         Amati secara cermat perubahan yang terjadi
·         Masukan KMnO4 atau CuSO4
·         Amati secara cermat perubahan yang terjadi dalam gelas kimia


































BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Kegiatan A

Pada kegiatatn ini kami mendapatkan hasil bahwa berat kentang sebelum dimasukan kedalam larutan dan sesudah dimasukan beda dengan hasil sebagai berikut:

No
Jenis media
Balok Umbi Kentang
Sebelum percobaan
Setelah percobaan
1
Air
15 gram
10 gram
2
Larutan gula 15%
13,3 gram
8 gram
3
Larutan gula 50%
14,9 gram
14,5 gram

Pada table diatas bisa diketahui bahwa berat kentang yang dimasukan kedalam larutan berkurang hal ini dikarnakan air yang berada pada kentang bergerak keluar ke gelas ukur sehingga kadar air pada kentang berkurang dan menyebabkan berat pada kentang berkurang.
Seharusnya berat kentang yang di rendam dalam air akan bertambah dikarnakan air masuk ke dalam sel-sel kentang, karena sel-sel kentang hipertonis dibandingkan air. Akibatnya isi sel bertambah, dan sel tekanan turgornya tinggi. Namun, pada praktikum ini kami mengalami kesalahan menimbang sehingga berat kentang yang direndam air yang seharusnya bertambah malah menjadi turun.
 













Gambar sampel saat praktikum

B.     Kegiatan B

Pada kegiatan B kami mendapatkan hasil bahwa ketika beberapa tetes tinta dimasukan  kedalam air, tinta akan bercampur air secara otomatis dalam beberapa menit tanpa diaduk dan tintapun bercampur dengan air secara keseluruhan, peristiwa ini disebut Difusi. Difusi merupakan perpindahan zat dari larutan berkonsentrasi tinggi ke larutan berkonsentrasi rendah baik melalui selaput pemisah maupun tidak, tanpa menggunakan energi.

BAB V

PENUTUP

A.    Kesimpulan

·         Pada kegiatan A kami menyimpulkan bahwa berat balok kentang yang di rendam pada larutan garam akan turun. Hal ini disebabkan air yang berada pada kentang bergerak keluar ke gelas ukur sehingga kadar air pada kentang berkurang dan menyebabkan berat pada kentang berkurang. Sedangkan balok kentang yang direndam pada air biasa sebaliknya berat balok kentang akan bertambah hal ini dikarnakan sel-sel kentang hipertonis dibandingkan air. Akibatnya isi sel bertambah, dan sel tekanan turgornya tinggi.
·         Pada kegiatan B kami menyimpulkan bahwa tinta yang dicelupkan pada air akan bercampur secara keseluruhan tanpa diaduk hal ini dikarnakan terjadi peristiwa difusi yaitu zat larutan berkonsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.

 



 
















DAFTAR PUSTAKA


Faturahman, Fahmi.2013. Transpor Pada Membran Plasma .Makassar. From  

6 komentar: